WELCOME TO BLOG ANAK W-RA

Minggu, 13 Oktober 2013

Gua Karombo Wera

Gua Karombo Wera

Secara administatif gua ini terletak di Desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Gua ini termasuk gua fosil yang memiliki lorong horizontal. Pada penelusuran ini dilakukan mapping grade 4B yang leader oleh Asep, pointer oleh Rino, shooter oleh Slamet dan sketser oleh Azjar.Gua ini memiliki sangat banyak lorong besar dan kecil. Di goa ini para atlet melakukan teknik penelusuran goa horizontal. Teknik penelusuran goanya pun bervariasi sesuai dengan lorong yang berada di goa tersebut. Kadang memakai teknik berjalan, jongkok dan bahkan merayap. Selain itu gua ini juga memiliki jenis tanah yang bercampur dengan goano yang bersifat gembur dan sangat baik untuk pupuk organik. Biota yang di temukan dalam gua ini adalah kelelawar dan ular. Penelusuran dilakukan selama dua hari oleh para atlit.
Deskripsi Existing
Kecamatan wera termasuk ke dalam Kabupaten Bima sebagai penghasil Bawang Merah setelah kecamatan Sape dan kecamatan Belo.Kabupaten Bima, kecamatan wera. Secara umum, mata pencaharian masyarakat di wera cukup kompleks dengan kondisi masyarakat yang lumayan maju dan budaya yang hampir sama dengan tempat-tempat lainnya di Bima.Yang membedakan orang wera dengan orang-orang Bima yang lain adalah dialek mereka yang cukup khas. Namun di sekitar Goa Karombo Wera yang kami tuju, kami tidak menemukan perkampungan. Hanya bibir pantai dan sabana yang telah dibakar untuk pertanian yang terhampar luas. Petani-petani yang berladang di tempat ini umumnya berasal dari Bima dan beberapa warga Transmigrasi yang letaknya cukup jauh dari Entrance Goa.

Tidak ada komentar:


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google