WELCOME TO BLOG ANAK W-RA

Jumat, 25 Oktober 2013

Fakta Unik Lumba-lumba


lumba

Lumba-lumba yang terkenal karena kecerdasan mereka, sifat suka berkelompok, dan kemampuan akrobatik mereka. Tapi ada banyak kemampuan yang kurang dikenal yang dari lumba- lumba. Di sini kita akan membahas sepuluh karakteristik lumba-lumba dan mempelajari lebih lanjut tentang mamalia laut yang banyak digemari sukai ini.


13 Fakta ikan Lumba-lumba
Fakta 1: Lumba-lumba termasuk kelompok mamalia Cetacea.
Cetacea adalah kelompok mamalia laut yang berevolusi dari mamalia darat. Mereka telah beradaptasi yang membuat mereka cocok untuk kehidupan di air termasuk tubuh ramping, sirip, lubang sembur dan lapisan lemak untuk isolasi. Cetacea dibagi menjadi dua kelompok utama, paus baleen (seperti ikan paus biru, paus sei dan lain-lain) dan paus bergigi (termasuk lumba- lumba). Paus bergigi lainnya termasuk paus pembunuh, paus pilot, beluga, narwhal, paus sperma, dan beberapa kelompok lumba-lumba sungai.

Fakta 2: Istilah 'lumba-lumba' mengacu pada beragam macam mamalia laut.
Istilah lumba-lumba ini tidak terbatas pada kelas taksonomi tunggal. Kelompok-kelompok paus bergigi yang anggotanya sering disebut sebagai lumba-lumba termasuk lumba-lumba laut (Delphinidae), lumba- lumba sungai (Iniidae), dan lumba-lumba sungai India (Platanistidae). Dari kelompok ini, lumba-lumba laut adalah yang paling beragam. 

Fakta 3: Lumba-lumba laut juga disebut sebagai 'lumba-lumba yang sebenarnya' dan merupakan kelompok yang paling beragam dari cetacea.
Kelompok Delphinidae mencakup sekitar 32 spesies dan merupakan yang terbesar dari semua subkelompok dari Cetacea. Spesies lumba- lumba laut (Delphinidae) menghuni laut terbuka.

Fakta 4: Beberapa lumba-lumba laut memiliki paruh dikenal sebagai 'mimbar'.
Moncong beberapa lumba-lumba laut yang panjang dan langsing, tulang rahang menonjol. Di dalam tulang rahang lumba-lumba memanjang terdapat banyak gigi kerucut (beberapa spesies memiliki sebanyak 130 gigi di setiap rahang). Spesies yang memiliki paruh menonjol misalnya, lumba-lumba botol, lumba-lumba bongkok Atlantik , Tucuxi, Long-Snouted Spinner Dolphin, dan banyak lainnya.

Fakta 5 : Memiliki sebuah lengan depan lumba-lumba yang dikenal sebagai 'sirip dada'.
Lengan lumba-lumba secara anatomis setara dengan lengan mamalia lain. Tapi tulang dalam lengan lumba-lumba telah dipersingkat dan dibuat lebih kaku dengan didukung jaringan ikat. Sirip dada memungkinkan lumba-lumba untuk mengarahkan dan memodulasi kecepatan mereka.

Fakta 6: Beberapa spesies lumba-lumba tidak memiliki sirip punggung.
Sirip dorsal lumba-lumba (terletak di belakang lumba- lumba) bertindak seperti dayung ketika berenang, memberikan kontrol arah hewan dan stabilitas dalam air. Tapi tidak semua lumba-lumba memiliki sirip punggung. Misalnya, lumba-lumba Rightwhale Utara dan lumba-lumba Rightwhale Selatan tidak memiliki sirip punggung.

Fakta 7: Lumba-lumba memiliki pendengaran yang unik.
Lumba-lumba menggunakan lubang telinga kecil di kedua sisi kepala mereka untuk mendengarkan gelombang suara. Lubang kecil ini biasa mereka gunakan untuk mendengar ketika mereka tidak berada di dalam air. Untuk mendengar suara di dalam air, mereka menggunakan tulang rahang bawah mereka, dimana nantinya gelombang suara akan dikirimkan ke telinga dalam.

Fakta 8 : Lumba-lumba memiliki visi yang sangat baik di dalam dan di luar air.
Ketika melewati cahaya dari udara ke air, itu menyebabkan perubahan cepat. Tercipta efek optik yang disebut refraksi. Mata lumba-lumba harus bisa menyesuaikan jika mereka ingin melihat dengan jelas dalam kedua kondisi itu.
13 Fakta ikan Lumba-lumba

Untungnya, lumba-lumba telah beradaptasi khusus dengan lensa dan kornea yang memungkinkan mereka untuk melihat dengan jelas di dalam dan di luar air.
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google